PENGOLAHAN BIJI KAKAO MENJADI POWDER DAN PASTA DALAM RANGKA MENUMBUHKAN WIRAUSAHA BARU DI KANAGARIAN CUBADAK KECAMATAN LIMO KAUM KABUPATEN TANAH DATAR

Main Article Content

Mike Triani Rery Novio Heru Pramudia

Abstract

Dalam rangka menambah wawasan dan kreatifitas masyarakat khususnya bagi ibu rumah tangga petani kakao melalui metode penyampaian materi dan cara pengolahan biji kakao secara teknis diharapkan ibu rumah tangga dapat memahami dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Saran nantinya adalah petani kakao ini bisa menciptakan kreatifitas dari pengolahan dari biji kakao dan dapat dipasarkan khususnya di Kabupaten Tanah Datar. Dan juga disarankan agar petani di jorong Ampaleh ini dapat menjadikan pusat sebagai sentra tanaman kakao di Sumatera Barat serta bisa memiliki pabrik pengolahan cokelat sendiri, karena pengoperasian pabrik cokelat juga bisa mengurangi biaya pengeluaran petani dalam menjual hasil panennya lebih baik. Untuk mengatasi permasalahan lapangan yang terjadi pada masyarakat  Rumah Tangga Petani kakao di Kabupaten Tanah Datar, maka dalam program ini diberikan Pelatihan Pengolahan Produk Biji Kakao Melalui Pengembangan Produk Hilir di Kabupaten Tanah Datar oleh  beberapa orang instruktur dalam bentuk ceramah, simulasi proses pengolahan biji kakao menjadi produk hilir. Dan kegiatan ini telah meningkatkan pengetahuan tentang potensi  pasar hilirisasi produk kakao, diharapkan mampu adanya peningkatan nilai tambah produksi, dapat melakukan pengembangan produk biji kakao, mampu melakukan pengemasan produk dan pemasaran produk dan mampu melakukan proses pengolahan biji kakao menjadi produk jadi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
TRIANI, Mike; NOVIO, Rery; PRAMUDIA, Heru. PENGOLAHAN BIJI KAKAO MENJADI POWDER DAN PASTA DALAM RANGKA MENUMBUHKAN WIRAUSAHA BARU DI KANAGARIAN CUBADAK KECAMATAN LIMO KAUM KABUPATEN TANAH DATAR. JURNAL GEOGRAFI, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 43-48, apr. 2019. ISSN 2614-6525. Available at: <http://geografi.ppj.unp.ac.id/index.php/geo/article/view/558>. Date accessed: 28 may 2020. doi: https://doi.org/10.24036/geografi/vol8-iss1/558.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>