EFEKTIVITAS MOVING CLASS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS MAN 2 MODEL PEKANBARU
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas 1) Manajemen kelas, 2) Penggunaan fasilitas kelas 3) Proses pelaksanaan pembelajaran dan 4) Tingkat evaluasi terhadap tujuan pembelajaran geografi dengan sistem moving class di MAN 2 Model Pekanbaru.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti sistem moving class, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 52 orang. Teknik analisis data adalah analisis statistik deskriptif dengan rumus persentase.Penelitian ini menghasilkan: 1) Manajemen kelas dalam pembelajaran geografi di kelas XI IPS dengan menggunakan moving class 2) Penggunaan fasilitas belajar geografi di kelas XI IPS dengan menggunakan moving class 3) Proses pembelajaran geografi di kelas XI IPS dengan menggunakan moving class 4) Evaluasi pembelajaran geografi di kelas XI IPS dengan menggunakan moving class cukup efektif untuk dilakukan.
Abstract
This study aims determine the effectiveness of 1) classroom management, 2) the use of class facilities 3) The implementation process of learning and 4) The level of evaluation of geography learning objectives with moving class system in MAN 2 Model Pekanbaru. The type of this research is quantitative, the population in this study are all students who follow the moving class system, while the subjects in this study are students of class XI IPS, amounting to 52 people. Data analysis technique is descriptive statistical analysis with percentage formula. This research resulted: 1) class management in geography learning in class XI IPS by using moving class 2) use of geography learning facility in class XI IPS by using moving class 3) Geography learning process in class XI IPS by using moving class 4) Evaluation of learning geography in class XI IPS using moving class is quite effective to do.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.