KETERSEDIAAN SARANA DAN PRASARANA PENUNJANG RUTE BARU LINGKAR NIPAH KOTA PADANG

Main Article Content

reyhan hadiansyah Rery Novio

Abstract

Rute Baru Lingkar Nipah ( Bukit Gado-Gado) terletak pada kawasan Gunung Padang yang mana  jalan tersebut menjadi akses cepat menuju pantai air manis dari rute Pantai Padang melewati jembatan Siti Nurbaya. Lingkar Nipah terletak di Kecamatan Padang Selatan, topografi yang berlereng 0-15 % di atas permukaan laut. ini bertujuan menganalisis; 1) sarana pendudukung aksebilitas di kawasan Rute Baru Lingkar Nipah, 2) prasarana  pendukung aksesibilitas di kawasan Rute Baru Lingkar Nipah.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, yaitu menganalisis ketersedian aksesbilitas serta sarana dan prasarana penunjang rute baru Lingkar Nipah. Teknik pengumpulan informan adalah dimana dinas terkait yang berhubungan langsung dengan rute baru Lingkar Nipah. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara dan observasi ke lapangan.


Hasil penelitian 1) Sarana pendukung aksesbilitas di kawasan rute baru Lingkar Nipah dalam beberapa bagian telah memadai  akan tetapi belum lengkap seperti drainase yang terdapat dibeberapa titik, bahu jalan dan area berhenti sementara yang hanya memakai bahu jalan yang memiliki ukuran yang seharusnya sedangkan, sarana pendukung yang belum ada pada kawasan Rute Baru Lingkar Nipah adalah alat pemberi isyarat (Lampu Trafik Light), cermin tikungan, pagar pembatas antara bahu jalan dan jurang, jalan untuk pejalan kaki (trotoar) dan garis pengejut.2) Prasarana pendukung aksesbilitas di kawasan rute baru Lingkar Nipah dalam beberapa bagian telah memadai yaitu rambu peringatan dan garis jalan adapun, prasarana pendukung yang belum memadai yaitu lampu penerangan jalan, rambu petunjuk, rambu perintah dan bola kaca penanda jalan.


Kata Kunci : Sarana, Prasarana, Lingkar Nipah

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>