ANALISIS PROFESI GURU GEOGRAFI SMA DI KOTA SAWAHLUNTO GUNA PENGEMBANGAN PROFESI GURU BERKELANJUTAN

Main Article Content

Soya Shalati Muslimah Rery Novio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai Pengembangan Profesi Guru Geografi SMA di Kota Sawahlunto Guna Pengembangan Profesi Guru Berkelanjutan. Kajian penelitian ini difokuskan pada kegiatan berupa pengembangan diri¹ publikasi ilmiah² dan karya inovatif³ yang dapat mempengaruhi pengembangan profesi guru berkelanjutan. Jenis penlitian ini digolongkan menjadi penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen angket, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian ini dikatahui bahwa pengembangan profesi guru geografi SMA di Kota Sawahlunto guna pengembangan profesi guru berkelanjutan tergolong rendah. (1) Kegiatan pengembangan diri guru geografi sebesar 46% termasuk kategori sedang. Kegiatan pengembangan diri dilihat dari aspek melanjutkan studi pasca sertifikasi, pelatihan yang diikuti, kegiatan sebagai narasumber, dan kegiatan lokakarya. (2) Kegiatan publikasi ilmiah guru geografi sebesar 28,3% termasuk kategori rendah. Kegiatan publikasi ilmiah dilihat dari aspek keaktifan guru dalam mebuat karya tulis, tulisan ilmiah populer dan publikasi buku teks. (3) Kegiatan karya inovatif guru geografi sebesar 34% termasuk kategori rendah. Kegiatan karya inovatif dilihat dari aspek keaktifan guru dalam menciptakan karya berupa media, seni dan metode.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>