KUALITAS PENGEMBANGAN PROFESI BERKELANJUTAN GURU GEOGRAFI SMA SE KABUPATEN AGAM KUALITAS PENGEMBANGAN PROFESI BERKELANJUTAN GURU GEOGRAFI SMA SE KABUPATEN AGAM
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui kualitas pengembangan profesi berkelanjutan guru geografi SMA se Kabupaten Agam, untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi guru, dan untuk mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas pengembangan profesi berkelanjutan guru geografi SMA se Kabupaten Agam. Jenis penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan instrumen dan wawancara singkat, danĀ pengolahan data menggunakan analisis persentase. Hasil penelitian yaitu : (1) Kualitas pengembangan profesi berkelanjutan guru geografi SMA se Kabupaten Agam dalam aspek pengembangan diri sangat baik, aspek publikasi ilmiah rendah, dan aspek karya inovatif sangat rendah. 2) Hambatan yang dihadapi guru geografi se Kabupatn Agam dalam kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan guru ini adalah padatnya jam mengajar guru, kurangnya motivasi guru dalam melaksanakan kegiatan pengembangan profesi berkelanjutan, tidak adanya dana khusus dibeberapa sekolah, beberapa guru masih ada yang kurang terampil dalam penggunaan komputer/laptop dan kurangnya pengetahuan guru tentang tata cara penulisan karya ilmiah.(3) Upaya guru dalam meningkatkan kualitas kegiatan ini adalah guru-guru tetap mengikuti kegiatan MGMP 1 kali dalam 1 mingu, kepala MGMP selalu memastikan setiap mingu guru membawa perangkat pembelajaran untuk materi pertemuan selanjutnya, dan beberapa guru selalu berupaya untuk menggunakan metode pembelajaran yang berbeda disetiap pertemuan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.