PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 PANTI KABUPATEN PASAMAN

Main Article Content

Surtani Surtani Sri Mariya

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran talking stick pada pembelajaran IPS di kelas VIII.1 SMP Negeri 1 Panti Kabupaten Pasaman. Penelitian ini tergolong pada PTK yang berlangsung dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat kali pembelajaran. Disamping itu setiap satu kali pertemuan terdiri dari empat tahapan mulai dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Tindakan dilakukan di kelas VIII.1 pada semester I  TP 2015/2016 dimana siswa terdiri dari 25 orang. Peneliti dalam penelitian dibantu oleh teman sejawat yang berperan sebagai observer. Data penelitian dianalisis dengan formula Persentase yang menggambarkan data sebagai mana adanya.


Hasil penelitian meliputi: Rata-rata aktivitas belajar  siswa pada siklus I sebesar 45,8%. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 73,3%. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada pelajaran IPS dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 27,55%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I siswa yang tuntas sebesar 64 %. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II siswa yang tuntas sebesar 84%. Peningkatan Hasil belajar siswa pada pada mata pelajaran IPS dari siklus pertama ke siklus dilihat dari persentase ketuntasan siswa yakni sebesar 20%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>