UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI TATA SURYA DAN JAGAD RAYA MELALUI PENGGUNAAN PENDEKATAN MULTIMEDIA
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Para Guru telah mencoba untuk menggunakan media untuk meningkatkan aktivitas pembelajaran. Fokus dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi pembelajaran dan pencapaiandari aktivitas pembelajaran Geografi dalam materi Tata Surya dan Jagad Raya melalui penggunaan Multi Media. Penelitian ini dilakukan pada semester pertama siswa kelas X tahun pelajaran 2012/2013 di SMAN 3 Mandau. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat langkah: Perencanaan, pelaksanan, Observasi dan Refleksi. Data dikumpulkan melalui penggunaan Lembar observasi dari aktivitas pembelajaran, dan juga dari peningkatan pencapaian hasil belajar siswa. Analisis ini bertujuan untuk memperlihatkan tingkat penguasaan dan ketuntasan belajar siswa, seorang siswa dikatakan tuntas secara indifidu apabila siswa tersebut memperoleh daya serap minimal 75, sedangkan ketuntasan klasikal adalah (85%).Untuk itu, penemuan dari penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan pendekatan Multi Media untuk meningkatkan motivasi hasil pembelajaran siswa dalam materi pelajaran Tata Surya dan Jagad Raya pada mata pelajaran Geografi