ANALISIS SPASIAL SEKOLAH DASAR DI KOTA PARIAMAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFI
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola sebaran Sekolah Dasar di Kota Pariaman, mengetahui jarak rata-rata antara permukiman dengan Sekolah Dasar di Kota Pariaman, dan mengetahui aksesibilitas Sekolah Dasar di Kota Pariaman. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan analisis spasial yaitu analisis tetangga terdekat, analisis jarak dan analisis tumpang susun beberapa data spasial. analisis tersebut membutuhkan data titik kordinat yang dikumpulkan dengan survey langsung ke lapangan dan data statistik yang di gambarkan dalam bentuk data spasial. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa persebaran sekolah dasar di Kota Pariaman terdiri dari dua jenis yaitu menyebar secara merata dan tidak beraturan acak. Berdasarkan analisis jarak wilayah tangkapan sekolah dasar pada setiap sekolah di masing-masing kecamatan terluas di kecamatan Pariaman Selatan yaitu 1,2 km2, dan terkecil adalah di kecamatan Pariaman Tengah yaitu 0,63 km2.
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Fotheringham, A. S., Charlton, M. E., and Brunsdon, C., 2001. Spatial variations in school performance: a local analysis using geographically weighted regression. Geographical and Environmental Modelling, 5(1), pp. 43-66
Lembo, A.J. 2006. Spatial Autocorrelation. Cornell University
Prahasta, Eddy. 2002. Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Bandung: Informatika