THE ESSENCE OF GEOGRAPHIC IN SHAPING STUDENT'S THINKING PARADIGMS

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Fahyumi Rahman

Abstrak

Paradigma berpikir geografi memiliki pergeseran hakikat yang mengkategorisasi ilmu-ilmu penunjang geografi secara terpisah. Permasalahan tersebut mengakibatkan eksistensi ilmu geografi tidak dibahas secara utuh yang melingkup aspek fisik dan manusia. Disisi lain, pembentukan paradigma berpikir geografi dalam pembelajaran hanya menitik beratkan pada pengetahuan tentang apa dan dimana sebuah fenomena terjadi. Padahal desain pembelajaran geografi seyogyanya harus bersifat membangun dan selaras dengan kemampuan geografi (geocapabilites) dalam merekonstruksi hakikat geografi secara komprehensif. Artikel ini mencoba merevitalisasi hakikat geografi dan pembentukan paradigma siswa dalam pembelajaran untuk mengembalikan keutuhan geografi sebagai ilmu. Pada hakikatnya geografi lebih menekankan pada cara unik untuk mempelajari bumi dengan berbagai ilmu bantu dalam persepktif geography eyes meliputi : keruangan, kelingkungan, dan kompleks wilayah. Desain pembelajaran geografi yang dirancang harus menitik beratkan pada kemampuan siswa untuk membangun (Construtivistic) dan mengkorelasikan setiap hubungan dengan makna dari hakikat geografi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

Referensi

Aksa, Furqan Ishak., Utaya, Sugeng., dan Bachri, Syamsul. (2019). Geografi dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Majalah Geografi Indonesia, Vol 33 (1), 43-47.
Gagnon Jr, G.W., & Collay, M. (2001). Designing for Learning: Six Element in Constructivist
Classrooms. California: Corwin Press.
Khafid, Syaiful. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Geografi dengan Pendekatan Konstruktivistik. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, Volume 05 (1), 1-12. doi :10.23887/jiis.v5i1.18774.g12221.
Maryani, Enok. (2006). Geografi dalam Perspektif Keilmuan dan Pendidikan di Persekolahan. Dimuat dalam buku Ilmu Pendidikan, Bandung.
Pitana, I G dan Diarta, I K S. (2009). Pengantar Ilmu Pariwisata. Yogyakarta: C.V Andi Offset.
Ruhimat, Mamat. (2017). Peningkatan Pemahaman Wawasan Kebangsaan Melalui Literasi Geografis. Medan, Indonesia : Seminar Nasional Tahunan Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial.
Yunus, S Hadi. (2016). Metodologi Penelitian Wilayah Kontemporer. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.