METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPREHENSION (CIRC) DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS VII.3 SMP NEGERI 1 PADANG GELUGUR KABUPATEN PASAMAN
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan menggambarkan peningkatan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Cooperatif Integrated Reading and Comprehension (CIRC), yang dilaksanakan pada pembelajaran IPS di kelas VII.3 SMP Negeri1 Padang Gelugur. Prosedur penelitian memiliki 4 tahapan yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, baik pada siklus I maupun pada siklus II. Pada tiap-tiap siklus dilaksanakan tiga kali tindakan atau tiga kali proses pembelajaran. Pengambilan data dengan menggunakan format observasi. Data dianalisis dengan formula persentase. Hasil penelitian meliputi: Terjadi peningkatan aktivitas beajar siswa pada semua aspek dibandingkan dengan hasil observasi awal sebelum pembelajaran dilakukan. Peningkatan tertinggi aktivitas belajar siswa pada siklus pertama dari ketiga kali pembelajaran terjadi ada aspek membaca siswa dan paling rendah aktivitas bertanya. Peningkatan aktivitas belajar siswa di siklus kedua paling tinggi terjadi pada aktivitas membaca sedangkan aktivitas terendah ada pada aktivitas bertanya. Aktivitas belajar siswa yang melampau target keberhasilan untuk semua aspek terjadi pada kegiatan belajar pertama, kedua, dan ketiga di siklus kedua. Hipotesis yang diajukan tentang aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan penggunaan metode CIRC pada pembelajaran IPS di kelas VII.3 SMP Negeri1 Padang Gelugur dapat diterima
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.