PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI MELALUI PENERAPAN METODE CIRC DI KELAS XI IS 1 SMAN 3 PARIAMAN

Main Article Content

Yeni parni

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode CIRC pada pembelajaran Geografi di kelas XI IS 1 SMAN 3 Pariaman. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan  metode siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IS 1 yang berjumlah 39 orang di SMAN 3 Pariaman. Pelaksanaan tindakan pada semester Juli-Desember 2013. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pembelajaran, dalam satu kali pembelajaran diberikan tugas, diakhir pembelajaran dilakukan post tes. Instrumen penelitian dengan menggunakan format observasi. Analisis data menggunakan formula persentase (%).


Hasil penelitian meliputi: 1) Terjadi peningkatan aktivitas beajar siswa pada semua aspek dibandingkan dengan hasil observasi awal sebelum pembelajaran dilakukan. 2) Peningkatan tertinggi aktivitas belajar siswa pada siklus pertama dari ketiga kali pembelajaran terjadi pada aspek membaca siswa dan paling rendah aktivitas menyanggah. 3) Peningkatan aktivitasbelajar siswa di siklus kedua paling tinggi terjadi pada aktivitasmenyimpulkan sedangkan aktivitasterendah ada pada aktivitas menyanggah. 4) Aktivitas belajar siswa yang melampau target keberhasilan rata-rata untuk semua aspek terjadi pada kegiatan belajar ketiga di siklus kedua. 5) Hipotesis yang diajukan tentang aktivitas belajar siswa dapat ditingkatkan dengan penggunaan metode CIRC pada pembelajaran Geografi di kelas XI IS 1 SMA Negeri 3 Pariaman dapat diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles