UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION

Main Article Content

Hafniyen Hafniyen

Abstract

ABSTRAK


Tujuan penelitian ini meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran geografi dikelas XII – IPS 2  SMA Negeri2 Pariaman.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri2 Pariaman pada kelas XII -IPS 2 , pelaksanaannya sebanyak dua siklus. Siklus pertama terdiri dari tiga kali pertemuan, siklus ke dua juga dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Permasalahan yang akan dibahas pada saat mempergunakan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) ini ditentukan oleh guru sebagai peneliti, Siswa dibagi beberapa kelompok yang terdiri dari 3 atau 4 orang perkelompok, dan diberikan materi/masalah yang akan dibahas. Setelah pembahasan dalam kelompok selesai, maka salah satu kelompok  mempresentasekan kedepan hasil diskusinya. Setelah selesai anggota kelompok lain diberi kesempatan untuk menanggapi/memberikan pertanyaan pada kelompok yang membahas. Demikian seterusnya sampai selesai


Setelah dilaksanakan siklus I dengan mempergunakan Model Pembelajaran GI maka hasil yang diperoleh baru tahap permulaan, yaitu siswa yang aktif baru mencapai 30 %. Pada akhir siklus II baru tampak kenaikan yang signifikan, aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran geografi dan hasil belajarnya .Hal ini dapat dilihat pada pembelajaran berlangsung dan hasil tes awal dan tes akhir yang nilai rata- ratanya meningkat.Dengan demikian penggunaan model pembelajaran GI sangat menunjang dan bagus dalam peningkatan aktifitas belajar siswa pada pembelajaran geografi di Kelas XII -  IPS 2 SMANegeri 2 Pariaman.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles