PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Proses belajar mengajar, aktivitas dan motivasi merupakan salah satu faktor besar pengaruhnya terhadap hasil belajar. Siswa yang motivasinya dan aktivitas yang tinggi akan memperoleh hasil belajar yang baik. Pentingnya aktivitas dan motivasi belajar siswa terbentuk supaya terjadi perubahan belajar ke arah yang lebih positif. Berdasarkan hal tersebut menjadi landasan bagi penulis untuk mengadakan penelitian dengan judul ”Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Geografi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Kelas X IIS 3 di SMA Negeri 1 Paiaman.”Dari hasil pembahasan yang sudah diuraikan dalam bab IV bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X - IIS-3 di SMA Negeri 1 Pariaman dengan data sebagai berikut: Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar geografi adalah 60, dengan ketuntasan belajar 52 %. pada siklus ke II nilai rata-rata hasil belajar geografi adalah 88 dengan ketuntasan belajar 88% berarti mengalami kenaikan sekitar 28 poin dan ketuntasan naik 36%.