PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN GEOGRAFI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI

Main Article Content

Heppy Yanti

Abstract

ABSTRAK


Proses belajar mengajar, aktivitas dan motivasi merupakan salah satu faktor besar pengaruhnya terhadap hasil belajar. Siswa yang motivasinya dan aktivitas yang tinggi akan memperoleh hasil belajar yang baik. Pentingnya aktivitas dan motivasi belajar siswa terbentuk  supaya terjadi perubahan belajar ke arah yang lebih positif. Berdasarkan hal tersebut menjadi landasan bagi penulis untuk mengadakan penelitian dengan judul ”Upaya Peningkatan  Aktivitas  dan Hasil Belajar  Siswa pada Pelajaran  Geografi  dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri   Kelas X  IIS 3  di SMA Negeri 1 Paiaman.”Dari  hasil pembahasan yang sudah diuraikan dalam bab IV bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar geografi siswa kelas X - IIS-3  di SMA Negeri 1 Pariaman dengan data sebagai berikut: Pada siklus I nilai  rata-rata hasil belajar geografi  adalah 60, dengan ketuntasan belajar 52 %. pada siklus ke II nilai rata-rata  hasil belajar geografi  adalah 88 dengan ketuntasan belajar 88%  berarti mengalami kenaikan sekitar 28  poin dan ketuntasan naik 36%.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles