PEMAHAMAN GURU GEOGRAFI SMA TENTANG PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI KOTA PARIAMAN TAHUN

Main Article Content

Lasrita Sofia

Abstract

Abstrak


Kesulitan untuk melakukan penelitian dan penulisan karya ilmiah yang dipublikasikan merupakan permasalahan yang dihadapi oleh guru geografi SMA di Kota Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman guru geografi SMA di Kota Pariaman tentang Penelitian Tindakan Kelas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Jenis rumusan hipotesis pada penelitian ini adalah hipotesis deskriptif dengan jenis data interval maka alat uji statistik yang digunakan adalah t-test untuk satu variable dengan satu arah pihak kanan. Hasil penelitian berdasarkan perhitungan dengan menggunakan t-test diperolah  = -6,120 dan  = 1,782 , pada taraf alfa = 0,05, dengan demikian dapat dilihat bahwa  lebih kecil dari , artinya  pemahaman guru geografi SMA tentang Penelitian Tindakan Kelas di Kota Pariaman tahun 2014 paling tinggi atau sama dengan 75% dari nilai rata-rata ideal atau   60, dengan kesimpulan Ho diterima dan Ha ditolak. Ini membuktikan bahwa pemahaman guru geografi SMA di Kota Pariaman tentang Penelitian Tindakan Kelas masih rendah. Melihat kenyataan ini, diperlukan suatu upaya peningkatan pemahaman guru Geografi SMA tentang PTK berupa digalangnya kerjasama dengan Jurusan Pendidikan Geografi UNP, untuk menjadi fasilitator sebagai tenaga ahli yang bisa membimbing guru dalam menghasilkan sebuah karya tulis berupa PTK sampai mempublikasikannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles