8. IDENTIFIKASI SIFAT KIMIA TANAH PADA LONGSOR AKTIF DAN LONGSOR INAKTIF (DORMANT) DI DESA MARGOYOSO KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH

  • dian adhetya Arif Jurusan Geografi UNP
  • Fitri Aji Jurusan Geografi UNP
  • Afifu Rahman Jurusan Geografi UNP
  • Ratna Wahyu Kusuma Arum Jurusan Geografi UNP

Abstract

Sub DAS Bompon adalah salah satu wilayah terdampak bencana longsor yang mencakup sebagian wilayah Kabupaten Magelang, Indonesia. Sebagian Wilayah Sub DAS Bompon dimanfaatkan untuk pertanian dan permukiman, sehingga meningkatkan kerawanan penduduk terhadap longsor. Identifikasi sifat kimia tanah diperlukan sebagai dasar informasi tentang dinamika longsor. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi sifat kimia tanah meliputi pH aktual, pH potensial, bahan organik,dan kejenuhan basa pada longsor status aktif dan inaktif di Desa Margoyoso Kecamatan Salaman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dan teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified random sampling. Hasil identifikasi pH tanah menunjukkan pH aktual dan potensial pada dua status longsor tidak jauh berbeda berikisar antara 4,5 hingga 5,5. Kandungan Fe dan Mn banyak ditemukan pada longsor aktif dibanding pada longsor inaktif. Bahan organik banyak ditemukan di kedua status longsor dan terkonsentrasi pada morfologi tubuh dan kaki longsor. Kandungan kapur bebas (CO3) pada kedua status longsor tidak ditemukan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-04-15
How to Cite
ARIF, dian adhetya et al. 8. IDENTIFIKASI SIFAT KIMIA TANAH PADA LONGSOR AKTIF DAN LONGSOR INAKTIF (DORMANT) DI DESA MARGOYOSO KECAMATAN SALAMAN KABUPATEN MAGELANG JAWA TENGAH. JURNAL GEOGRAFI, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 55-60, apr. 2019. ISSN 2614-6525. Available at: <http://geografi.ppj.unp.ac.id/index.php/geo/article/view/575>. Date accessed: 12 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.24036/geografi/vol8-iss1/575.
Section
Articles