ANALISIS SPASIAL TINGKAT PENCEMARAN AIR DI WILAYAH SUNGAI DAS BATANG ARAU SUMATERA BARAT

Main Article Content

Endah Purwa Ningsih Aulia Fajrin Ramadhani Nasution Mursyid Irsal Nadila Febriwariz Andre Bustamar Tommy Adam

Abstract

Fenomena pencemaran air pada kawasan sungai di DAS Batang Arau telah menjadi permasalahan masif yang seringkali mengganggu berbagai aktivitas kehidupan di lingkungan sekitarnya. Menurunnya kualitas air sungai di kawasan ini terlihat dari berbagai jenis sumber pencemar. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya pada saat observasi lapangan dan pengambilan koordinat lokasi sumber pencemar yang pada umumnya sebagian besar ditemukan berupa timbulan sampah organik dan non organik, limbah rumah tangga yang mengalir dari gorong-gorong, juga limbah industri. dan polutan pertambangan dari daerah hulu. Tujuan keseluruhan dari penelitian ini adalah untuk memodelkan dan menganalisis tingkat pencemaran yang terjadi di wilayah sungai DAS Batang Arau Provinsi Sumatera Barat dengan menggunakan teknologi geospasial. Metode pengolahan data menggunakan metode Kernel Density, yaitu pendekatan statistik yang mengestimasi fungsi distribusi probabilitas dan merupakan teknik interpolasi yang dapat memberikan gambaran sebaran hotspot dari nilai kumpulan data sampel yang terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan nilai tingkat pencemaran pada sel raster wilayah badan sungai secara keseluruhan berada pada kisaran 0,14-2,57, dengan pola spasial pencemaran air umumnya terkonsentrasi di daerah hilir khususnya di Kecamatan. Padang Timur sebanyak 8,51%, Padang Barat 39,48%, dan Padang Selatan 51,03% yang tergolong tinggi (1.542-2.056) hingga sangat tinggi (2.056-2.57).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Program Penilaian Air Dunia (Perserikatan Bangsa-Bangsa), dan UN-Water (2009). Air di dunia yang terus berubah.
Kiliç, Zeyneb. (2021) Pencemaran air: penyebab, dampak negatif dan cara pencegahan.Jurnal Institut Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sabahattin Zaim Istanbul (İZÜFBED)/Jurnal Institut Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Sabahattin Zaim Istanbul (JIZUNSI).
Peraturan Menteri Kesehatan RI No.416/MENKES/PER/PER/IX/1990 Tentang Persyaratan Pengawasan Air Minum, Jakarta
Jabeen, Sadia, dkk. (2011) Dampak kesehatan yang disebabkan oleh air dan sanitasi yang buruk di distrik Abbottabad.Jurnal Ayub Medical College Abbottabad 23.1: 47-50.
Riki Chandra, Warga Kota Padang Produksi 640 Ton Sampah Sehari, Tak Semuanya Sampai ke TPA, https://sumbar.suara.com/read/2022/07/14/170544/warga-kota-padangproduksi-640-ton-sampah-sehari-tak-semuanya-sampai-ke-tpa , accessed on September 2nd 2022, 14 : 50
Tsihrintzis, Vassilios A., Rizwan Hamid, dan Hector R. Fuentes. (1996) Penggunaan sistem informasi geografis (GIS) dalam sumber daya air: review. Pengelolaan sumber daya air 10.4: 251-277.