PEMETAAN KONDISI TUTUPAN TERUMBU KARANG DI KAWASAN MANDEH KABUPATEN PESISIR SELATAN SUMATRA BARAT

Main Article Content

Hendry Frananda Deded Chandra Fitri Mudia Sari

Abstract

KawasanTelukMandeh atau Taman Nasional LautMandehterletakkecamatan Koto XI TarusanKabupatenPesisir Selatan. Kawasan Mandeh memiliki potensi yang beragam terutama adalah potensi wisata bahari seperti wisata pantai, snorkling dan selam (diving). Fungsi terumbu karang dalam berbagai aspek sangat penting, dari aspek fisik, kimia, ekologis, sosial, ekonomi, dan aspek lain.
Tujuanpenelitianuntukmelihattingkattutupandankesehatanterumbukarang di KawasanMandeh, danjenis-jenisterumbukarang yang terdapat di kawasanini, selainitukelimpahan biota megabenthosdanikankarangjugadihitungsebagai data pendukungkeseharanterumbukarang. Metode yang digunakandalampengumpulan data adalah LIT (Line Intersept Transect), ditentukan 3 stasiunpengamatandanmasing-masingstasiundiambil data pada 2 kedalaman yang berbedayaitukedalaman 3 meter dan 10 meter.
Diketahui tutupan karang hidup pada stasiun I (PulauMarak) sebesar 21,4 %, stasiun II (Kapo-kapo) 24 %, dan stasiun III (PulauSetan) padakedalaman 3 m sebesar 47,13 %. Genus Diadema (Bulu Babi) merupakankelimpahanmegabenthostertinggidan paling banyakditemuipadastasiun II mencapai8500individu/ha, danjenisDrupella/Gastropodapada CB/ACB merupakanjenismegabenthos yang paling sedikitditemuidanhanyaditemuipadastasiun I yaitusebesar 200 individu/ha.
Dijumpaiikankarangsebanyak 39 jenis, IkanNeopomacentrusazysronmerupakanjenisikankarang yang memilikikelimpahan yang tertinggidibandingkanjenisikankarang lain yaitusebesar 6094 individu/ha. Kelimpahanjenisikanekonomispenting (target) yang ditemukanpadaketigastasiuntersebut 1267 individu/ha, Kelimpahanjenisikanindikator yang ditemukanpadaketigastasiuntersebut 520 individu/ha. Kondisikualitasperairanmasihtergolongbaikdenganhasilpengamatansebagaiberikutsuhu 30,33 0C, kecerahan 5 m, sanilitas 33,33 0/00, pH 8.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles