PERBEDAAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN GENDER DI SMAN 1 2X11 KAYUTANAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Ranti Wulan Sari Ernawati ernawati

Abstrak

PERBEDAAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN GENDER DI SMAN 1 2X11 KAYUTANAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021


 


Ranti Wulan Sari1 ,


Program Studi Pendidikan Geografi


Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang


Email:rantiwulansari09@gmail.com


 


ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi, menganalisis dan membahas data tentang: Perbedaan perilaku peduli lingkungan peserta didik berdasarkan gender di SMAN 1 2x11 Kayutanam tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Expost Facto. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik  di SMAN 1 2X11 Kayutanam tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 400 siswa. Sampel penelitian ini dilakukan secara simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data tingkat capaian responden (TCR) dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepedulian lingkungan peserta didik laki-laki memiliki perbedaan yang signifikan dengan kepedulian lingkungan peserta didik perempuan. Kepedulian lingkungan siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan kepedulian lingkungan siswa laki-laki. Kriteria perilaku peduli lingkungan peserta didik tergolong kategori peduli. 2) Hasil Uji Hipotesis diperoleh thitung > ttabel sebesar (79,1685 > 1,65765 ), pada taraf signifikan ɑ 0,05.Hasil uji hipotesis diterima (H0 ditolak dan H1 diterima).


 


Kata Kunci: perilaku kepedulian lingkungan , gender

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

Referensi

DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi Abu dan Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Al-Anwari, A.M. (2014). Strategi Pembentukan Karakter Peduli Lingkungan Di Sekolah Adiwiyata Mandiri, 19(2), 227-252
Arjana , I.G.B. (2013). Geografi Lingkungan. Jakarta: PT.Raja Grafindo.
Badan Pusat Statistik. (2014). Indikator perilaku peduli lingkungkungan hidup.
Dewi, E. N. (2017). Hubungan Pemahaman Belajar Geografi Dengan Kepedulian Lingkungan Pada Peserta Didik Kelas XI IPS di MAN 1 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2016/2017.
Ernawati, E. (2014). Pendidikan Lingkungan Hidup pada Sekolah Alam Ar-Royyan di Kota Padang.
Ernawati. (2015). Perilaku peduli lingkungan pada sekolah alam di kota Padang,Disertasi, Program Pasca sarjana Universitas Negeri Padang

Nur Khusnul Khotimah.2014.Peranan pembelajaran geografi terhadap sikap peduli lingkungan pada peserta didik SMA Al Kautsar Bandar lampung tahun pelajaran 2012-2013 . Laporan Penelitian.UNILA.
Santoso, H., & Putri, E. A. (2015) tentang Pengaruh Perbedaan Jenis Kelamin Terhadap Perilaku Pembelian Produk Hijau di Semarang.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suhardin, S. (2017). Kepedulian Lingkungan Siswa Ditinjau Dari Aspek Pengetahuan Tentang Konsep Dasar Ekologi Dan Gender. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan, 18(02), 64-77.
Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.