PERBEDAAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN GENDER DI SMAN 1 2X11 KAYUTANAM TAHUN PELAJARAN 2020/2021
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi, menganalisis dan membahas data tentang: Perbedaan perilaku peduli lingkungan peserta didik berdasarkan gender di SMAN 1 2x11 Kayutanam tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Expost Facto. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik di SMAN 1 2X11 Kayutanam tahun pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 400 siswa. Sampel penelitian ini dilakukan secara simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 61 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni teknik analisis data tingkat capaian responden (TCR) dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kepedulian lingkungan peserta didik laki-laki memiliki perbedaan yang signifikan dengan kepedulian lingkungan peserta didik perempuan. Kepedulian lingkungan siswa perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan kepedulian lingkungan siswa laki-laki. Kriteria perilaku peduli lingkungan peserta didik tergolong kategori peduli. 2) Hasil Uji Hipotesis diperoleh > sebesar (79,1685 > 1,65765 ), pada taraf signifikan ɑ 0,05.Hasil uji hipotesis diterima.