KarakteristiK dan Motivasi Wisatawan di Objek Wisata Air Terjun Nyarai, Tapian Puti dan Rumah Pohon di Kecamatan Lubuk Alung dan Batang Anai

Main Article Content

vivi yulia fitri ahyuni . Nofrion .

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristikwisatawanberdasarkan sosiodemografis, geografis, dan psikologis, dan  untuk mengetahui motivasi wisatawan di Objek Wisata Air Terjun Nyarai,Tapian Puti dan Rumah Pohon di Kecamatan Lubuk Alung dan Batang Anai.


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Desember 2017- Januari2018. Sumber data sampel sebanyak 136 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan wawancara/ angket, pengamatan dan dokumentasi.Teknik analisis data penelitian memakai persentase dan rata-rata.


Hasil penelitian menunjukkan karakteristik wisatawan di Objek WisataAir Terjun Nyarai, Tapian Puti dan Rumah Pohon di Kecamatan Lubuk Alung dan Batang Anaidi dominasi oleh laki-laki 61 orang (44.8%) dan perempuan 46 orang (33.8%) dengan umur 17-25 dengan pekerjaan mahasiswa 80 orang (58.8 %) dan  Berasal dari luar Kecamatan Lubuk Alung. Motivasi wisatawan di Objek Wisata Nyarai, Tapian Puti dan Rumah Pohon adalah  berpetualang.


Kata Kunci: karakteristik, motivasi, wisatawan


ABSTRACT


 


This study aims to determine the characteristics of tourists based on socio-demographic, geographical, and psychological, and to determine the motivation of tourists in Nyarai Waterfall, Tapian Puti and Tree House tourism objects in Lubuk Alung and Batang Anai Districts.


The type of research used in this study is descriptive research with a quantitative approach. This research was conducted in December 2017-January2018 . Sample data sources were 136 respondents. Data collection techniques in this study are using interviews / questionnaires, observations and documentation. Research data analysis techniques use percentages and averages.


The results showed that the characteristics of tourist in Nyarai Waterfall, Tapian Puti and Tree House tourism objects in Lubuk Alung and Batang Anai Districts were dominated by men 61 people (44.8%) and women 46 people (33.8%) aged 17-25 with 80 students (58.8%)and Fromoutside the sub-district.Motivation of tourists in Nyarai Tourism Object, Tapian Puti and Tree House is adventure.


Keyword: Characteristics, Motivation, Tourist

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>