Analisis Strategi Metakognitif Self-Explanation dalam Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa Pada Materi Dinamika dan Masalah Kependudukan Pelajaran Geografi Peminatan Kelas XI MIPA SMAN 2 Padang. Analisis Strategi Metakognitif Self-Explanation dalam Meningkatkan Kemampuan Argumentasi Siswa

Main Article Content

sovian lubis Surtani . Nofrion .

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan argumentasi siswa dalam pembelajaran geografi peminatan pada materi dinamika dan permasalahan kependudukan di SMAN 2 Padang. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif dengan pendekatan eksperimen dengan sampel penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 3 (36 orang) sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIPA 4 (36 orang) sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kemampuan argumentasi siswa yang diajarkan melalui pembelajaran dengan strategi metakognitif self-explanation lebih tinggi daripada siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan rata-rata 82,92. 2) Tingkat pencapaian indikatornya yaitu menentukan strategi 81,25%, memberikan alasan 80,5%, dan menyimpulkan 86,12%. 3) Pencapaian indikator tertinggi yaitu kemampuan menyimpulkan 86,12%.


Kata kunci : Strategi Metakognitif Self-Explanation, Kemampuan Argumentasi Siswa.


ABSTRACT


This research aims to improving student’s argumentation skill in learning of geography of interest on the topic of dynamics and problem of demography in SMAN 2 Padang. This research is classified as descriptive research with the experiment approach with research sample that is student of class XI MIPA 3 (36 person) as experiment approach with research sample that is student of class XI MIPA 4 (36 person) as control class. The results showed: 1) Student’s argumentation skill taught through learning with metacognitive self-explanation strategy is higher than students taught with conventional learning with mean of 82,92. 2) Level of achievement of the indicator that is determining the strategy 81,25%, giving the reason 80,5%, and concluded 86,12%. 3) Achievement of the highest indicator is the ability to conclude 86,12%.              


Keywords : Strategy of Metacognitive Self-Explanation, Student’s Argumentation Skill.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)