Analisis Ketersediaan dan Penggunaan Fasilitas Pendidikan Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang Fasilitas Pendidikan

Main Article Content

Sarpita Ningsih ernawati . Nofrion .

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketersediaan, kualitas dan penggunaan fasilitas pendidikan Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah di Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian mixed method dan model eksplanatoris sekuensial. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Ketersediaan Fasilitas pendidikan belum lengkap sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007. karena masih adanya fasilitas pendidikan yang belum tersedia. 2) Fasilitas pendidikan yang tersedia dalam kondisi baik serta layak pakai, namun masih terjadi kerusakan pada sarana seperti kursi, meja, gayung dan lain-lain. Fasilitas yang rusak diakibatkan oleh peserta didik, usia barang, banjir bandang pada tahun 2016, fasilitas yang rusak mengalami perbaikan dan pergantian kembali. 3) Penggunaan fasilitas pendidikan sudah sesuai dengan kegunaanya, namun penggunaan oleh peserta didik masih mengalami kerusakan. serta beberapa sekolah prasarana yang beralih fungsi dan multifungsi.


 


Kata kunci: Ketersediaan, Kualitas, Penggunaan


 


Abstract                .


This study aims to analyze the availability, quality and use of educational facilities for senior high schools and Madrasah Aliyah in Koto Tangah Subdistrict, Padang City. This type of research is mixed method research and sequential explanatory model. The results of this study indicate 1) the availability of educational facilities is not yet complete in accordance with the Regulation of the Minister of National Education of the Republic of Indonesia No. 24 of 2007. because there are still educational facilities that are not yet available. 2) Educational facilities that are available in good condition and suitable for use, but there is still damage to facilities such as chairs, tables, dipper and others. The damaged facilities were caused by students, age of goods, flash floods in 2016, damaged facilities experienced repairs and replacements. 3) The use of educational facilities is in accordance with their functions, but the use by students is still damaged. as well as several infrastructure schools that switch functions and are multifunctional.


 


Keywords: Availability, Quality, Employing

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>