PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TOUR BUILDER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LONG IKIS

Main Article Content

Iya Setyasih Zeni Haryanto Sarifah Nurul Wahidah

Abstract

Pembelajaran yang efektif dapat memberdayakan siswa dalam proses belajar mengajar, salah satunya pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbasis proyek dengan media tour builder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Long Ikis dan pengaruh model discovery learning berbasis proyek dengan media tour builder. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Berdasarkan hasil penelitian kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pre test 62,7 dan nilai post test 71,4 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai pre test 61,3 dan nilai post test 65,5. Hasil analisis data pengujian Independent Sample T-test data pretest dan posttest menunjukkan nilai signifikan 0,000 yang berarti < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga adan pengaruh pada hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Long Ikis setelah menggunakan model discovery learning berbasis proyek dengan menggunakan media tour builder pada mata pelajaran geografi. Sebagai pengajar hendaknya menjadikan model discovery learning berbasis proyek dengan media tour builder ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa digunakan di kelas sesuai dengan topik dan konten pembelajaran tertentu yang relevan guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

References

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. diakses pada tanggal 18 maret 2019
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: DIVA press
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bloom, Benjamin S, etc. 1956. Taxonomy of Educational Objective : The Classificationof Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.
Berlin, Sani. 2014. Strategi Pembelajaran didalam Kelas . Bandung: Alfabet
Bruner, J.S. 1961. The Act of Discovery. New Jersey : Prentice Hall, INC., Englewood Cliffts.
Danial, Endang dan Warsiah, Nanan. 2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium PKn Universitas Pendidikan Indonesia.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara. diakses pada tanggal 18 maret 2019
Hanafiah, Nanang. dan Cucu, Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama. Bandung. diakses pada tanggal 19 maret 2019
Hamiyah, N. Dan M. Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka. diakses pada tanggal 15 maret 2019
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia. diakses pada tanggal 10 maret 2019
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta : PPPG Matematika Depdiknas
Mubarok, Chusni & Edy Sulistyo. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tav Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 251-221
Munadi, Yudi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada PresS
Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group
Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurohman, S. 2007. Pendekatan Project Based Learning sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Artikel Jurusan Pendidikan Fisisk FMIPA UNY, (Online), (http://staff. uny.ac.id/sites/default/files/132309687/project-based-learning.pdf), diakses pada tanggal 13 november 2019
PGHP. 2008. Inovasi Project Base Learning, (Online). (http://gatothp2000. Word press.com/2008/02/27/sionet),diakses pada tanggal 13 november 2019
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Diva PRESS. Yogyakarta. diakses pada tanggal 24 maret 2019
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada
Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Grafindo Persada
Syah dalam Hosnan (2014). Prosedur pengaplikasian model discovery learning. diakses pada tanggal 24 maret 2019
Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada Schank, R. C. and Cleary, C. 1994. Engines for Education.
SSME, 2006. Project-Based Learning, (Online). (http://ssme.fedu.metu.edu.tr/ssme/index2.php?option=com_contrnt&do_pdf=1&id=94), diakses 13 november 2019.
Sumaatmadja, Nursid. 2001. Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta diakses pada tanggal 25 maret 2019
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. ARRuzz Media. Yogyakarta. diakses pada tanggal 25 maret 2019
Sumadi Sutrijat. 1999. Geografi 1 Sekolah Menengah Umum Kelas 1. Departeman pendidikan dan kebudayaan. Jakarta. diakses pada tanggal 25 maret 2019.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Thomas, J.W., 2000. A Review of Research On Project-Based Learning. Supported by The Autodesk Foundation 111 McInnis Parkway San Rafael, California, (Online), , diakses 13 november 2019.
Uha, Ismail Nawawi. 2013. Budaya Organisasi Kepemimpinan dan kinerja, Jakarta: Kencana.