PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERBASIS PROYEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA TOUR BUILDER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LONG IKIS
Main Article Content
Abstract
Pembelajaran yang efektif dapat memberdayakan siswa dalam proses belajar mengajar, salah satunya pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning berbasis proyek dengan media tour builder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Long Ikis dan pengaruh model discovery learning berbasis proyek dengan media tour builder. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan metode quasi experimental design. Berdasarkan hasil penelitian kelas eksperimen diperoleh rata-rata nilai pre test 62,7 dan nilai post test 71,4 sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai pre test 61,3 dan nilai post test 65,5. Hasil analisis data pengujian Independent Sample T-test data pretest dan posttest menunjukkan nilai signifikan 0,000 yang berarti < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sehingga adan pengaruh pada hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Long Ikis setelah menggunakan model discovery learning berbasis proyek dengan menggunakan media tour builder pada mata pelajaran geografi. Sebagai pengajar hendaknya menjadikan model discovery learning berbasis proyek dengan media tour builder ini sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang bisa digunakan di kelas sesuai dengan topik dan konten pembelajaran tertentu yang relevan guna meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
Arikunto, Suharsimi. 2002. Metodologi Penelitian. Penerbit PT. Rineka Cipta. Jakarta.
Cahyo, Agus. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: DIVA press
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bloom, Benjamin S, etc. 1956. Taxonomy of Educational Objective : The Classificationof Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York : Longmans, Green and Co.
Berlin, Sani. 2014. Strategi Pembelajaran didalam Kelas . Bandung: Alfabet
Bruner, J.S. 1961. The Act of Discovery. New Jersey : Prentice Hall, INC., Englewood Cliffts.
Danial, Endang dan Warsiah, Nanan. 2009. Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium PKn Universitas Pendidikan Indonesia.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Hanafiah, Nanang. dan Cucu, Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. PT Refika Aditama. Bandung.
Hamiyah, N. Dan M. Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia.
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena
Markaban. 2006. Model Pembelajaran Matematika dengan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta : PPPG Matematika Depdiknas
Mubarok, Chusni & Edy Sulistyo. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Tav Pada Standar Kompetensi Melakukan Instalasi Sound System di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 251-221
Munadi, Yudi. 2008. Media Pembelajaran Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta : Gaung Persada PresS
Mukhtar. 2013. Metode Penelitian Deskriftif Kualitatif. Jakarta: GP Press Group
Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurohman, S. 2007. Pendekatan Project Based Learning sebagai Upaya Internalisasi Scientific Method Bagi Mahasiswa Calon Guru Fisika. Artikel Jurusan Pendidikan Fisisk FMIPA UNY, (Online), (http://staff. uny.ac.id/sites/default/files/132309687/project-based-learning.pdf), diakses pada tanggal 13 november 2019
PGHP. 2008. Inovasi Project Base Learning, (Online). (http://gatothp2000. Word press.com/2008/02/27/sionet),diakses pada tanggal 13 november 2019
Prastowo, Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Diva PRESS. Yogyakarta.
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT. Rajagrafindo Persada
Sardiman. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Grafindo Persada
Syah dalam Hosnan (2014). Prosedur pengaplikasian model discovery learning.
Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada Schank, R. C. and Cleary, C. 1994. Engines for Education.
SSME, 2006. Project-Based Learning, (Online). (http://ssme.fedu.metu.edu.tr/ssme/index2.php?option=com_contrnt&do_pdf=1&id=94), diakses 13 november 2019.
Sumaatmadja, Nursid. 2001. Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.
Sumarmi. 2012. Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media Publishing.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. ARRuzz Media. Yogyakarta.
Sumadi Sutrijat. 1999. Geografi 1 Sekolah Menengah Umum Kelas 1. Departeman pendidikan dan kebudayaan. Jakarta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Thomas, J.W., 2000. A Review of Research On Project-Based Learning. Supported by The Autodesk Foundation 111 McInnis Parkway San Rafael, California, (Online),
Uha, Ismail Nawawi. 2013. Budaya Organisasi Kepemimpinan dan kinerja, Jakarta: Kencana.