KARAKTERISTIK PELAKU MOBILITAS DI KELURAHAN SUNGAI PIRING KECAMATAN BATANG TUAKA KABUPATEN INDRAGIRI HILIR PROPINSI RIAU

Main Article Content

Laila Marshelly Paus Iskarni febriandi andi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang : :(1) Karakteristik pelaku mobillitas kepala keluarga laki-laki, (2) Karakteristik pelaku mobillitas kepala keluarga perempuan, (3) Karakteristik pelaku mobillitas istri, (4) Karakteristik pelaku mobillitas anak.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Sungai Piring Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau. Penetapan sampel adalah masyarakat yang ada di Kelurahan Sungai Piring dengan menggunakan teknik proporsional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 82 Kepala Keluarga. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara pengisian angket oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan persentase, tabulasi menggunakan spss.


Hasil penelitian ini menemukan: (1) Karakteristik pelaku mobilitas kepala keluarga laki-laki berumur 19-60 tahun, jenis pekerjaan dominan adalah petani, tingkat pendidikan umumnya tamat SD. Alasan melakukan mobilitas karena pekerjaan,  tujuan mobilitas adalah ladang. Jenis mobilitas adalah mobilitas harian dan mingguan, dengan durasi 5-10 jam, menggunakan sepeda, sepeda motor, jalan kaki, mobil dan kapal, (2) Karakteristik pelaku mobilitas kepala keluarga perempuan berumur 41-50 tahun, pekerjaan paling dominan adalah IRT,tingkat pendidikan umumnya tamat SD. Alasan melakukan mobilitas untuk membeli kebutuhan sehari-hari, tujuan mobilitas  pasar. Jenis mobilitas adalah mobilitas harian dan mingguan, dengan durasi 2-8 jam, menggunakan sepeda, sepeda motor dan jalan kaki, (3) Karakteristik pelaku mobilitas istri  berumur  20-60 tahun, pekerjaan paling dominan adalah IRT, tingkat pendidikan umumnya tamat SD. Alasan melakukan mobilitas untuk membeli kebutuhan sehari-hari, tujuan mobilitas adalah pasar. Jenis mobilitas adalah mobilitas mingguan, dengan durasi 2-9 jam, menggunakan sepeda, sepeda motor dan jalan kaki, (4) Karakteristik pelaku mobilitas anak berumur 7-40 tahun, pekerjaan paling dominan pelajar, dengan tingkat pendidikan umumnya masih SD dan SMP. Alasan melakukan mobilitas karena pendidikan, dimana tujuan mobilitas adalah sekolah. Jenis mobilitas adalah mobilitas harian, dengan durasi 4-10 jam, menggunakan sepeda, sepeda motor dan jalan kaki.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>