PERSEPSI GURU PAMONG TENTANG PELAKSANAAN PENGALAMAN LAPANGAN KEPENDIDIKAN MAHASISWA GEOGRAFI DI SMA NEGERI KOTA PADANG
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis persepsi pamong tentang pelaksanaan PLK mahasiswa geografi dalam kegiatan teaching dan nonteaching di SMA negeri Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian gabungan (mixed method). Lokasi penelitian dilakukan di seluruh SMA Negeri Kota Padang yang menerima mahasiswa Praktek Lapangan Kependidikan (PLK) dengan subjek penelitian yaitu 18 guru pamong yang membimbing mahasiswa program studi pendidikan Geografi. Teknik pemilihan subjek penelitian yaitu dengan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menemukan bahwa: (1) Persepsi guru pamong tentang kegiatan teaching telah baik tetapi masih ada beberapa kelemahan dan adanya ketidaksesuaian hasil wawancara dengan nilai tertulis yang ada di buku penilaian yang diberikan oleh UPPL. (2) Persepsi guru pamong tentang kegiatan nonteaching sudah dinilai aktif oleh guru pamong. Mahasiswa PLK telah melaksanakan kegiatan nonteaching yang telah diatur oleh masing-masing sekolah baik kegiatan piket, upacara, ekstrakurikuler dan kegiatan lainnya.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.