PENGARUH PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS DENGAN MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI GEOGRAFI KELAS XI DI SMA NEGERI 6 SOLOK SELATAN

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

AHMAD AL KHALIL Ratna Wilis

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk Menjelaskan Pengaruh pembelajaran diluar kelas dengan model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi geografi kelas XI di SMA Negeri 6 Solok Selatan. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu dengan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol.Hasil penelitian menunjukan nilai signifikan uji-t sebesar 0,5% atau tingkat kepercayaan 95% dengan t hitung dibanding t tabel = 12,89>2,73 Hal itu bearti ada pengaruh Pembelajaran di luar kelas dengan model project based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi geografi kelas XI iis di SMA Negeri 6 Solok Selatan.Empat bagian yang mengalami peningkatan terbesar kemampuan siswa kelas eksperimen secara berurutan pada : hasil,kerja sama sesama team,mampu mengungkap kan pendapat sendiri/lebih percaya diri dan muncul gagasan baru.Bagian bagian tersebut mengalami peningkatan akibat menggunakan metode outdoor yang didalam nya terdapat kegiatan project pembuatan peta rawan bencana.Kegiatan tersebut membuat siswa mendapat kan fakta dan data yang bisa di komunikasikan dalam hasil dan pembahasan.Bagian model PJBL mengalami peningkatan kedua kelas nya karena siswa mempraktikan apa yang mereka desain.Penelitian ini disarankan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru dalam melatih kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Geografi di kelas XI Sekolah Menegah Atas.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 3 4 > >>