PENERAPAN NETWORK ANALISIS DALAM PENENTUAN RUTE TERCEPAT MENUJU SHELTER UNTUK MITIGASI BENCANA TSUNAMI DI KOTA PAINAN

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Geni Handani Putra Febriandi Febriandi

Abstrak

Permasalahan pokok dalam penelitian ini adalah bagaimana rute tercepat menuju shelter di Kota Painan dengan menggunakan Network Analisis sebagai acuan hasil rute tercepat menuju shelter tersebut. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui (1) pembagian zona rawan tsunami do Kota Painan, (2) ketersediaan shelter di Kota Painan, (3) Rute tercepat menuju shelter dalam mitigasi bencana tsunami di Kota Painan.


Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan langkah- langkah mengumpulkan data yang berkaitan dengan penelitian dari instansi yang berkaitan dengan penelitian ini. Data yang di perlukan dalam penelitian ini seperti data kebencanaan, data ketersediaan shelter, dan data kapasitas shelter yang diperoleh di BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kota Painan, sedangkan data pendukung seperti data jalan, data lereng, data penduduk di peroleh dari instansi Dinas PUPR ( Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang) dan BPS ( Badan Pusat statistik) Kota Painan. Langkah langkah penelitian ini : (1) Jenis peelian, (2) Populasi dan Sampel, (3) Lokasi dan Waktu, (4) Alat dan Bahan, (5) Teknik pengumpulan data, (6) Teknik analisis data.


Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pertama Kota Painan berada pada daerah dengan tingkat kerawanan tsunami tinggi hal ini dikarenakan letak geografis Kota Painan yang berada dengan dengan pantai, dan nagari yang berada pada tingkat kerawanan tinggi yakninya Nagari Painan Selatan, sedangkan Nagari Painan Utara dan Nagari Painan Timur berada pada tingkat kerawanan tsunami sedan dan rendah, Kedua Kota Painan memiliki delapan shelter yang tersedia. Terdiri dari tiga shelter alami dan lima shelter buatan dengan kapasitas sebesar 29000 jiwa. Sedangkan berdasarkan data dari BPS IV Jurai tahun 2020 jumlah penduduk Kota Painan sebesar 16589 jiwa sehingga dapat di simpilkan bahwasanya ketersediaan shelter serta kapsitas shelter di Kota Painan Mencukupi Untuk menampung masyarakat Kota Painan. Ketiga Rute tercepat dalam mitigasi bencana tsunami di Kota Painan, terdapat beberapa shelter yang dominan untuk dijadikan shelter. Hal ini dilihat berdasarkan hasil Network Analisis yang mendapatkan shelter terdekat oleh masyarakat yakni seperti Kantor Bupati, SMPN 1 Painan dan mesjid Baiturahman. Sedangkan shelter lainnya dapat dijadikan sebagai alternatif shelter apabila shelter yang dominan penuh. 

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

1 2 > >>