STUDI TENTANG PROFIL GURU GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN PADANG PARIAMAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis data profil guru geografi SMA di Kabupaten Padang Pariaman yang meliputi, 1) identitas umum guru, 2) pengembangan diri guru, 3) publikasi ilmiah 4) karya inovatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskritif dengan pendekatan kuantitatif, sampel dalam penelitian ini terdiri dari 48 orang guru geografi di kabupaten padang pariaman, pemilihan sampel dilakukan dengan metode total sampling, yaitu menggunakan seluruh total populasi sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada semua guru geografi . Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) Kondisi identitas umum guru yang terdiri dari pangkat/golongan mayoritas yaitu IVA (44,11%), pendidikan terakhir mayoritas S1 (93,7%), perguruan tinggi mayoritas UNP (54,16%), Lama mengajar mayoritas yaitu 31-35 tahun (27,08%), status kepegawaian mayoritas PNS (70,83%), tahun sertifikasi mayoritas yaitu tahun 2008 (26,66%). 2) Pengembangan diri guru yang terdiri dari pendidikan pasca sertifikasi dengan persentase (13,33%), pelatihan yang diikuti selama tahun 2013 – 2018 dengan persentase (33,33%), kegiatan seminar sebagai narasumber dengan persentase (4,16%), kegiatan lokakarya dengan persentase (12,5%). 3) Publikasi ilmiah guru berdasarkan hasil laporan penelitian dibidang pendidikan (7%), berdasarkan tulisan ilmiah (0%), dan berdasarkan publikasi buku teks (2%). 4) Karya inovatif guru geografi SMA di kabupaten padang pariaman dengan persentase yaitu 4%.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.