PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KECERDASAN SPASIAL SISWA PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X IIS SMA NEGERI 7 PADANG

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Farisha Luthfi Surtani Surtani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kecerdasan Spasial Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X-IIS SMA Negeri 7 Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimental design). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X IIS 1 dan X IPS 2 di SMA Negeri 7 Padang pada semester Juli-Desember 2019. Populasi adalah siswa kelas X IIS yang terdiri 4 kelas. Sampel penelitian diambil dengan teknik cluster random sampling, sehingga didapatkan kelas X IIS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IIS 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kecerdasan Spasial Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas X-IIS SMA Negeri 7 Padang. Hal ini berdasarkan kepada hasil pengujian hipotesis yang dilakukan, diperoleh thitung sebesar 4,972 dengan taraf signifikan (α) 0,05 dan (α) 0.01 didapatkan ttabel sebesar 1,665 artinya nilai thitung lebih besar dari ttabel.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2