PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IIS SMAN 1 BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi XI IIS di SMAN 1 Bandar Seikijang berdasarkan penilaian kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif dalam bentuk analisis korelasional. Sampel diperoleh dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan proporsi 60% sebanyak 56 orang siswa kelas XI IIS SMAN 1 Bandar Seikijang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS IBM versi 19.0 terdiiri dari analisis analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data dan pengujian hipotesis. Uji persyaratan analisis data yang digunakan, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan hasil penelitian di simpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan hasil belajar Geografi. Besar pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar geografi sebesar 88,3 % dan 17% dari variabel lain.