PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IIS SMAN 1 BANDAR SEIKIJANG KABUPATEN PELALAWAN

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Medysa Gevri Rahmah Surtani Surtani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi XI IIS di SMAN 1 Bandar Seikijang berdasarkan penilaian kurikulum 2013. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode  deskriptif kuantitatif dalam bentuk analisis korelasional. Sampel diperoleh  dengan menggunakan teknik Proportional Random Sampling dengan proporsi 60% sebanyak  56 orang siswa kelas XI IIS SMAN 1 Bandar Seikijang. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan bantuan program SPSS IBM versi 19.0  terdiiri dari analisis analisis deskriptif, uji persyaratan analisis data dan pengujian hipotesis. Uji persyaratan analisis data yang digunakan, yaitu uji normalitas dan uji linearitas. Berdasarkan hasil penelitian  di simpulkan   bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dan hasil belajar Geografi. Besar pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar geografi sebesar  88,3 % dan 17%  dari variabel lain.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2