PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI PENDUKUNG PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 2 LUBUK BASUNG KABUPATEN AGAM
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan media sosial sebagai pendukung pembelajaran geografi di SMA Negeri 2 Lubuk Basung Kabupaten Agam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media sosial oleh siswa sebagai pendukung pembelajaran geografi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI dan XII SMA Negeri 2 Lubuk Basung, yang berjumlah 150 orang. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) 100% siswa mengetahui keberadaan media sosial. 55% siswa menggunakan media sosial whatsapp, sisanya menggunakan youtube, instagram, dan lainnya. 29% siswa menggunakan media sosial untuk sharing. 33% siswa menggunakan buku online sebagai pendukung pembelajaran. 24% jurnal, sisanya email, video, dan game. 67% siswa menggunakan media sosial 2-3 kali dalam seminggu dan 53% siswa menggunakan media sosial selama 30-60 menit. 89% siswa menggunakan smartphone dalam mengakses media sosial. 39% siswa menggunakan media sosial karena keterbatasan pengetahuan dalam mengerjakan tugas. (2) 81,83% siswa menggunakan media sosial untuk mendukung pembelajaran geografi dalam bentuk kuis, diskusi dan lainnya. 69% siswa merasa ketagihan menggunakan media sosial. (3) 67% siswa jarang merasa kesulitan menggunakan media sosial, sebagian siswa merasa kesulitan karena berbahasa asing dan sulit dimengerti. Untuk mengatasi hal tersebut siswa dituntut agar lebih giat belajar dan menguasai bahasa asing terutama bahasa internasional.
Kata Kunci: Media Sosial, Pembelajaran Geografi
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.