ANALISIS PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kesenjangan antara kurikulum berbasis lingkungan yang diterapkan di SMA Pembangunan Laboratorium UNP dengan kesadaran lingkungan siswa yang minim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan: 1) pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan pada mata pelajaran geografi; 2) faktor pendukung dan penghambat; dan 3) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskripstif kualitatif. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kurikulum berbasis lingkungan yang diterapkan pada mata pelajaran geografi berupa penerapan pendekatan, strategi, metode, teknik pembelajaran, dan pengalaman belajar berbasis lingkungan hidup yang telah dirancang oleh guru geografi. Faktor pendukung dalam pelaksanaannya yaitu sarana prasarana sekolah yang lengkap, kerja sama antara pihak sekolah dengan pihak lingkungan, dan dukungan dari kepala sekolah. Faktor penghambatnya kebiasaan belajar siswa dan kurangnya kesadaran siswa dalam menjaga lingkungan. Upaya yang telah dilakukan antara lain memotivasi siswa untuk menyadari pentingnya menjaga lingkungan hidup.
Kata kunci: kurikulum berbasis lingkungan; geografi; guru
Downloads
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.