KENDALA DAN UPAYA DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR GEOGRAFI PADA MASA PANDEMI DI SMAN 8 MUARO JAMBI

Main Article Content

Abdullah Ma'aruf

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala dan upaya guru dalam mencapai ketuntasan belajar siswa di masa pandemi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Informan yang di wawancara adalah Siswa kelas XI IPS di SMAN 8 Muaro Jambi. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yang peniliti gunakan adalah wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penilitian ini yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kendala dalam mencapai ketuntasan belajar geografi pada masa pandemi di SMAN 8 Muaro Jambi yaitu (a) Menurunnya minat dan motivasi belajar peserta didik (b) Para peserta didik memiliki sarana dan prasana yang sangat minim (c) Siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi (d) Hubungan guru dan murid yang renggang. (2) Upaya dalam mencapai ketuntasan belajar geografi pada masa pandemi di SMAN 8 Muaro Jambi yaitu (a) guru melakukan pengawasan yang lebih ekstra kepada para peserta didik selama proses belajar mengajar dan kehadiran peserta didik serta mencarikan solusi terkait permasalahan yang dirasakan oleh peserta didik dan memotivasi siswa  (b) guru melakukan pembelajaran tatap muka bagi siswa yang kurang mampu atau yang memiliki keterbatasan dalam jaringan, memberikan materi dan tugas melalui WhatsApp dan mendapat pelatihan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan secara daring. (c) guru memberikan cara atau tips kepada siswa bagaimana memahami pelajaran geografi secara cepat, mengikuti seminar online, dan menonton video YouTube (d) guru menghubungi siswa melalui WhatsApp atau melakukan tatap muka di sekolah untuk memberikan sesi tanya jawab untuk materi yang kurang dipahami oleh siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles