PENGARUH PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DAN WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 DUMAI Pengaruh Penggunaan Google Classroom dan Whatsapp Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dumai
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Salah satu kemajuan teknologi yaitu pemanfaatan internet dalam Learning Management System, seperti google classroom dan whatsapp untuk mengatasi terlaksananya pembelajaran secara daring. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan google classroom dan whatsapp terhadap hasil belajar geografi pada semester genap kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dumai.
Metode penelitian ini yaitu kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Jumlah sampel sebanyak 78 peserta didik. Teknik pengumpulan data dengan cara tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan regresi linier berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis (uji t dan uji f).
Hasil penelitian secara parsial bahwa penggunaan google classroom (X1) berpengaruh signifikan dan positif sebesar 0,581, dan whatsapp (X2) berpengaruh signifikan dan positif sebesar 1,451 terhadap hasil belajar geografi (Y) kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Dumai. Hasil perolehan secara simultan yaitu nilai F hitung 13,62 > F tabel 1,94, dan dilihat dari nilai probabilitas signifikan 0,262< 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Secara keseluruhan penggunaan google classroom dan whatsapp berpengaruh terhadap hasil belajar geografi sebesar 93,2% sedangkan 6,8 % oleh variabel lain.