KOMPETENSI GURU GEOGRAFI DALAM PELAKSANAAN PENILAIAN DI SMAN 2 PADANG PANJANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh (1) pelaksanaan penilaian oleh guru geografi di SMAN 2 Padang Panjang, (2) kendala guru dalam mengembangkan instrumen untuk pengetahuan, sikap dan keterampilan serta (3) kendala guru dalam memberikan penilaian peserta didik. penelitian menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan Observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui prosedur dan tahap-tahap: Pengumpulan Data, Reduksi Data, Pengujian Data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penilaian mata pelajaran Geografi di SMAN 2 Padang Panjang dilihat dari tujuh prinsip evaluasi yakni menyeluruh, berkesinambungan, berorientasi pada tujuan, objektif, bermakna, terbuka dan Mendidik secara umum sudah baik. Kendala Dalam Pengembangan Instrumen Penilaian pengetahuan adalah kesulitan guru dalam: penjabaran kompetensi dasar ke dalam indikator, membuat kisi-kisi dan butir instrumen penilaian, penentuan jenis penialaian yang tepat, serta kesulitan dalam penerapan teknik penilaian yang sudah direncanakan. Kendala dalam pengembangan instrumen penilaian sikap adalah: belum adanya format skala instrumen yang ditetapkan di SMAN 2 Padang Panjang. Kendala dalam pengembangan instrumen penilaian keterampilan adalah: banyaknya aspek yang harus dituliskan, tidak adanya patokan yang jelas untuk menilai kreativitas siswa. Serta kendala guru dalam memberikan penilaian peserta Didik adalah: Banyaknya format penilaian, kebingungan guru dalam proses penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan, Guru terkendala dengan waktu, format dan rubrik penilaian yang ribet, Belum keseluruhan guru memahami penilaian autentik, Poin dan item penilaian terlalu banyak jumlahnya, dan orang tua peserta didik merasa kurang puas dengan hasil penilaian dalam bentuk deskripsi, juga kurang efisien.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.