ANALISIS KETERSEDIAAN SUMBER BELAJAR DARING MATA PELAJARAN GEOGRAFI PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMA N 8 PADANG
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Ketersediaan Sumber Belajar Daring Mata Pelajaran Geografi Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 8 Padang yang dibutuhkan guru maupun siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif dengan menggunakan metode wawancara yang dilakukan secara online dalam bentuk Google Form. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah 2 guru geografi dan 22 siswa SMA N 8 Padang. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah didapatkan adalah: 1) Terbatasnya ketersediaan sumber belajar daring yang diakomodir guru dalam memberikan sebuah pembelajaran daring sehingga banyak diantara siswa yang belum memahami pembelajarannya dengan seksama, 2) Sumber belajar daring yang diberikan dan dibutuhkan memudahkan siswa dalam proses belajar dan memiliki keluwesan atau fleksibilitas diantaranya seperti WA, Google Classroom, ataupun Google Meet yang sudah berjalan dengan baik untuk mendukung upaya pembelajaran daring di SMA N 8 Padang, 3) Masih ditemuinya kendala teknis seperti sinyal, aksesibilitas dsb yang terkait pembelajaran daring di SMA N 8 Padang.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.