PERSEPSI GURU GEOGRAFI TENTANG KTSP DAN KURIKULUM 2013 DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI KOTA PARIAMAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi guru geografi tentang KTSP dan kurikulum 2013 dalam pembelajaran geografi di SMA Negeri Kota Pariaman meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Informan penelitian ini seluruh guru geografi yang telah menerapkan KTSP dan kurikulum 2013 berjumlah 12 orang. Dan tiga informan kunci diambil dengan teknik snowball untuk memvalidasi data dengan teknik triangulasi. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, data display, dan verifikasi. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan: 1).Secara umum guru mempersepsikan dalam perencanaan lebih baik KTSP daripada kurikulum 2013 karena penyusunan silabus dan RPP disesuaikan dengan peserta didik. 2).Secara umum guru mempersepsikan dalam pelaksanaan lebih baik kurikulum 2013 daripada KTSP karena peserta didik lebih aktif dalam pembelajaran. 3).Secara umum guru mempersepsikan dalam penilaian lebih baik KTSP daripada kurikulum 2013 karena penilaian dalam kurikulum 2013 yang dilakukan banyak.
Kata Kunci: Persepsi, Penerapan KTSP, Penerapan Kurikulum 2013
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.