PENGARUH PELATIHAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR TERHADAP PROFESIONAL GURU GEOGRAFI SMA DI KABUPATEN KAMPAR

Main Article Content

Uirma Triwi Deana yurni suasti

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh pelatihan terhadap profesional guru geografi SMA di Kabupaten Kampar, (2) mengetahui pengaruh pengalaman mengajar terhadap profesional guru geografi SMA di Kabupaten Kampar, dan (3) mengetahui pengaruh pelatihan dan pengalaman mengajar secara bersama-sama terhadap profesional guru geografi SMA di Kabupaten Kampar.


Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto yang dilakukan di Sekolah Menengah Atas Kabupaten Kampar pada tahun ajaran 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah semua guru Geografi yang terdaftar mengikuti MGMP Geografi di Kabupaten Kampar pada tahun ajaran 2019/2020 sebanyak 45 orang guru. Penarikan sampel dilakukan secara “total sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner dan melalui tes. Data dianalisis menggunakan uji hipotesis dan analisis regresi linier berganda. Untuk melihat kompetensi guru,  soal yang digunakan adalah dari soal UN, SBMPTN dan USBN, sehingga tidak dilakukan uji persyaratan soal, dengan asumsi soal-soal tersebut sudah memenuhi unsur validitas, reliabilitas dan keberbedaan. 


Penelitian ini menemukan: Pertama, pelatihan berpengaruh secara signifikan terhadap profesional guru Geografi SMA di Kabupaten Kampar. Kedua, pengalaman mengajar berpengaruh secara signifikan terhadap profesional guru Geografi SMA di Kabupaten Kampar. Ketiga, variabel bebas yakni pelatihan dan pengalaman mengajar berpengaruh secara signifikan terhadap profesional guru, jadi dapat dikatakan bahwa variabel bebas secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variabel terikat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>