ANALISIS INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA DI KECAMATAN KOTO TANGAH KOTA PADANG TAHUN 2017 BERDASARKAN PUSAT PELAYANAN

Main Article Content

Roni Suryadi yurni suasti

Abstract

ABSTRAK


         Penelitian ini membahas tentang bagaimana indeks pembangunan manusia pada tiga kelurahan di Kecamatan Koto Tangah berdasarkan jarak kelurahan terhadap pusat pelayanan (Kecamatan). Yakni Kelurahan Batang Kabung Ganting sebagai kelurahan yang dekat terhadap pusat pelayanan (Kecamatan), Kelurahan Bungo Pasang sebagai kelurahan yang sedang terhadap pusat pelayanan (Kecamatan), Kelurahan Lubuk Minturun Sei lareh sebagai kelurahan yang jauh terhadap pusat pelayanan (Kecamatan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indeks kesehatan, indeks pendidikan, indeks ekonomi, dan indeks pembangunan manusia pada Kelurahan Batang Kabung ganting, Kelurahan Bungo pasang, dan kelurahan Lubuk Minturun Sei Lareh.


           Jenis penelitian ini adalah penelitian kombinasi model concurrent transformatif strategy yang menggabungkan data primer dan sekunder. Sampel individu penelitian ini adalah penduduk yang berada pada Kelurahan Batang Kabung ganting sebanyak 39 jiwa, Kelurahan Bungo Pasang sebanyak 35 jiwa, dan Kelurahan Lubuk Minturun Sei Lareh sebanyak 26 jiwa. Data yang dikumpulkan ada 2 yaitu, data primer dan data sekunder. Data primer didapat dari teknik pengumpulan data structured interview. Sedangkan data sekunder didapat dari teknik dokumentasi.


          Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa Indeks kesehatan dan indeks ekonomi pada ketiga kelurahan diatas memiliki  indeks yang sama. Namun, pada indeks pendidikan pada ketiga kelurahan diatas menunjukkan angka yang sedikit berbeda. Tetapi tidak terlalu menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga Pada perhitungan akhir indeks pembangunan manusia pada ketiga kelurahan diatas menghasilkan indeks yang sama. Artinya tidak terdapat perbedaan jarak yang terlalu jauh antar ketiga kelurahan terhadap pusat pelayanan. Tidak terdapat perbedaan yang terlalu jauh antar ketiga kelurahan terhadap fasilitas kesehatan, pendidikan, dan ekonomi. Tidak terdapat perbedaan yang terlalu jauh antar ketiga kelurahan terhadap pelayanan kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.


 


kunci : indeks kesehatan, indeks pendidikan, indeks ekonomi, indeks pembangunan manusia

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>