ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI MATA PELAJARAN GEOGRAFI SEMESTER GANJIL MENGENAI DINAMIKA PLANET BUMI SEBAGAI RUANG KEHIDUPAN (STUDI PADA SISWA KELAS X DI SMAN 1 PADANG)

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

diniah mukhlis Syafri Anwar

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil belajar atau ulangan harian siswa yang turun drastis pada KD 3.4 mengenai dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penyebab kesulitan siswa dalam memahami materi mata pelajaran geografi semester ganjil mengenai dinamika planet bumi sebagai ruang kehidupan serta upaya yang dilakukan siswa dan guru dalam mengatasinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif. Informan penelitian yaitu guru dan siswa siswi kelas X yang terdiri dari X MIA 1, X MIA 8 dan X IIS yang hasil belajar dalam KD 3.4 tidak tuntas atau dibawah KKM. Kesulitan memahami materi dikarenakan materi terlalu sulit sehingga membuat siswa kurang mampu untuk mencerna, mengingat, dan memahami materi tersebut. Sedangkan faktor yang menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran yaitu kurangnya minat membaca dan tidak mengulang pelajaran, guru, materi pelajaran, kebiasaan belajar, dan peran orang tua. Upaya yang dilakukan siswa dalam mengatasi kesulitan memahami materi pelajaran yaitu belajar sendiri dengan membaca kembali buku pelajaran, browsing dan searching di internet, bertanya kepada teman dan guru. Sedangkan upaya yang dilakukan guru yaitu mengulang dan mengulas kembali materi yang belum dipahami siswa mengadakan remedial kepada siswa yang nilainya dibawah KKM, serta melakukan evaluasi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles