Intrusi Air Laut di Kecamatan Padang Utara

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

sispandi saputra Ahyuni ahyuni Endah Purwaningsih

Abstrak

Sebagian wilayah pantai Kota Padang dijumpai adanya air tanah payau yang persebarannya semakin luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk memetakan sebaran intrusi air laut di Kecamatan Padang Utara. Sebaran intrusi dipetakan berdasarkan nilai daya hantar listrik (DHL) dengan kriteria tingkat keasinan sebagaimana ditetapkan oleh Simoen (2000: 23)


Pengambilan sampel dilakukan di tiga kelurahan di Kecamatan Padang Utara yaitu Kelurahan Air Tawar Barat, Ulak Karang Utara dan Ulak Karang Selatan dengan teknik purposive random sampling atau sampel acak sesuai kebutuhan yaitu 30 sampel air sumur penduduk dengan menggunakan alat EC Meter untuk mengukur daya hantar listrik dan GPS untuk menentukan titik koordinat lokasi sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat sumur yang sudah terindikasi mengalami intrusi air laut di sepanjang pesisir Kecamatan Padang Utara yaitu sekitar 16,6% dari 30 sampel yang diuji di lapangan dengan empat titik yang masuk kedalam klasifikasi air payau dengan nilai Daya Hantar Listrik 832-874 (µmhos/cm) dan satu titik yang masuk kedalam klasifikasi air asin dengan nilai Daya Hantar Listrik 3686 (µmhos/cm).


 



Kata kunci : Daya hantar listrik, Intrusi air laut.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3 4 5 6 > >>