Efek Penggandaan Industri Rumah Tangga Pengolahan Ikan Patin Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Dan Pendapatan Masyarakat Di Desa Pulau Gadang Kecamatan Xiii Koto Kampar Kabupaten Kampar

Main Article Content

rezki dwi pernanda dwi pernanda Yurni Suasti

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana dampak penggadaan industri rumah tangga pengolahan ikan patin terhadap penyerapan tenaga kerja dan pendapatan masyarakat di Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Desa Pulau Gadang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 5 industri rumah tangga. Motode pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan model Miles, Huberman.


Hasil penelitian memperlihatkan bahwa dampak penggandaan industri rumah tangga pengolahan ikan patin terhadap penyerapan tenaga kerja yaitu sebesar 1,39, Atau dengan artian dengan pertambahan 1 tenaga kerja sektor budidaya ikan patin maka akan membuka peluang tenaga kerja sebesar 0,39 pada sektor lanjutan (non basis). Dampak penggandaan industri rumah tangga pengolahan ikan patin terhadap pendapatan masyarakat di Desa Pulau Godang Kecamatan XIII Koto Kampar Kabupaten Kampar yaitu dari semua responden total pendapatannya adalah Rp. 93.500.000,- dengan rincian pada sektor penggandaan industri rumah tangga total pendapatannya adalah Rp.72.500.000,- (77,01%), pada sektor Industri total pendapatannya adalah Rp.14.000.000 (14,98%), dan pada sektor penjualan seperti naget patin, bakso patin, abon patin, keripik patin Rp.7.500.000 (0,81%), sehingga diperoleh nilai dampak penggandaan terhadap pendapatan tenaga kerja adalah 1,23. Oleh karena itu industri rumah tangga pengolahan ikan patin agar dapat dikelola atau di kembangkan dengan baik agar tetap terjaganya industri rumah tangga pengolahan ikan patin di Desa Pulau Godang XIII Koto Kampar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>