PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 4 BUKITTINGGI

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Dinda Aldyanti Rery Novio

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran geografi di SMAN 4 Bukittinggi. Metode dari penelitian ini menggunakan quasi eksperimen. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes uraian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil analisis uji t diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 dan Thitung > Ttabel 6,166 > 1,66723. Hasil uji N Gain nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol 55,29% dengan kriteria kurang efektif dan nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen 68,11% dengan kriteria cukup efektif. Hasil penelitian keterampilan berpikir kritis kelas kontrol yaitu 77,708 berkategori baik, sedangkan kelas eksperimen yaitu 86,367 berkategori sangat baik. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan model student facilitator and explaining terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3