PERSEPSI PEDAGANG TERHADAP PENGELOLAAN SAMPAH DI PASAR TANJUNG BAJURE KOTA SUNGAI PENUH PROVINSI JAMBI

Main Article Content

Aditya Tri Prasetyo Deded Chandra

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi pedagang dalam pengelolaan sampah di Pasar Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi.


 


Jenis penelitian ini penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang mengungkapkan bagaimana bentuk persepsi pedagang dalam pengelolaan sampah di Pasar Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Informan penelitian ini di fokuskan kepada pedagang Pasar Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisi data dilakukan dengan teknik (1) Reduksi data yaitu memfokuskan databyang lebih mengarah pada persepsi pedagang dalam pengelolaan sampah di Pasar Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi. (2) penyajian data yaitu sekumpulan informasi yang tersusun dan memberikan kemungkinan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan (3) pengambilan keputusan yaitu peneliti berusaha untuk memperoleh informasi tentang variabel yang diteliti.


 


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) pengelolaan sampah di Pasar Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh masih belum baik terutama di bidang sampah, masih kurangnya peduli masyarakat terhadap kebersihan sampah sehingga sampah berserakan dimana-mana (2) minimnya sarana di Pasar Tanjung bajure Kota Sungai Penuh menjadi salah satu alasan menumpuknya sampah hingga melimpah sampai ke luar Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dan jarak Tempat Pembuangan Sementara yang jauh jadi pemicu pedagang menumpuk sampah di tepi jalan (3) pemerintah masih belum maksimal dalam menyikapi permasalahan sampah di Pasar Tanjung Bajure Kota Sungai Penuh, terutama permasalahan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dan tempat Pembuangan Akhir (TPA).


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles