PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWTOON PADA MATERI PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KELAS X SMAN 1 BATIPUH

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Reni Putri Utari Nofrion Nofrion

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rancangan media pembelajaran berbasis powtoon serta menentukan dan menganalisis validitas dan praktikalitas pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon pada materi dinamika atmosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Pengembangan atau Research and Development. Model pengembangan berupa IDI (Instrucstional Development Institute) yang memiliki tiga tahap, yaitu tahap pendefenisian (define), tahap pengembangan (develop) dan tahap penilaian (evaluate). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase validasi (1) skor penilaian dari ahli materi sebesar 92,33% ; (2) penilaian ahli desain sebesar 88,53% ; (3) penilaian ahli bahasa sebesar 95,41% ; (4) serta penilaian praktikalitas oleh guru sebesar 89,69% dan (5) penilaian praktikalitas oleh peserta didik 89,95%. Berdasarkan hasil tersebut maka pengembangan media pembelajaran berbasis powtoon dikategorikan sangat valid dan sangat praktis sehingga layak digunakan dan dikembangkan. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah proses belajar mengajar dan meningkatkan kualitas prestasi belajar peserta didik.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles

##plugins.generic.recommendByAuthor.heading##

<< < 1 2 3 4 5 > >>