PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING (CBL) TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA DI SMA NEGERI 1 KECAMATAN MUNGKA

Main Article Content

annisarahmadini rahmadini annisa rahmadini Ernawati Ernawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar geografi siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dan pengaruh model pembelajaran Case Based Learning (CBL) terhadap hasil belajar geografi siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Mungka. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen (Quasi Eksperimental Design) dengan rancangan penelitian berupa pretest posttest control group design. Pengambilan sampel menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas X IIS 1 yang berjumlah 22 orang sebagai kelas eksperimen dan Kelas X IIS 2  yang berjumlah 23 orang sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa tes 20 butir soal objektif. Hasil analisis diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 70,45 dan kelas kontrol sebesar 56,52. Pada kelas eksperimen diperoleh peningkatan pengetahuan N-Gain sebesar 0,40 berada pada kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh peningkatan pengetahuan atau N-Gain sebesar 0,07 berada pada kategori rendah. Hasil analisis kedua kelompok menggunakan uji t pada taraf signifikan dan diperoleh thitung =15,3 dan ttabel = 1,681 sehingga thitung  > ttabel, maka H1 diterima artinya terdapat pengaruh Model Pembelajaran Case Based Learning (CBL) terhadap hasil hasil belajar geografi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>