Kajian Geografis Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Masyarakat Berbelanja Di Pasar Pagi Kecamatan Padang Barat
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kajian geografis dan faktor-faktor yang mempengaruhi masyarakat untuk berbelanja ke pasar pagi kecamatan padang barat. jenis penelitian yakni deskriptif kualitatif. Informan penelitiannya adalah pembeli dan pedagang pasar pagi kecamatan padang barat. sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam pengambilan informan adalah dengan teknik aksidental. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pasar Pagi Kecamatan Padang Barat berada pada letak yang strategis di tinjau dari kedekatannya dengan permukiman penduduk,dan mudah untuk dijangkau oleh layanan transportasi 2) faktor-faktor yang mempengaruhi pembeli berbelanja ke Pasar Pagi Kecamatan Padang Barat Kota Padang adalah aksesibilitas, kelengkapan barang, harga barang, waktu dan jarak tempuh,kualitas barang.
Kata kunci : Faktor Penarik, Letak Strategis, Pasar
The aims of this study to find out how geographical studies and factors that influence people to shop in the Pasar Pagi District of Padang Barat.The research type is descriptive qualitative The research informants are buyers and traders in the western Padang district market. while the approach taken in taking informants is accidental techniques. Data collection techniques are observation, interview, and documentation. Data collection techniques are observation, interview, and documentation. Data analysis techniques are data reduction, data presentation, conclusion. The research results are as follows: 1) Pasar Pagi District of Padang Barat is located in a strategic location in terms of its proximity to residential areas, and is easy to reach by transportation services 2) factors that influence shoppers shopping at Pasar Pagi, Padang Barat Subdistrict, Padang City are accessibility, completeness, item price, time and distance, quality of goods.
Keywords: Pulling Factor, Strategic Location, Market
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.