PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU GEOGRAFI SMA DI KOTA SOLOK Professional Competency Development of High School Geography Teachers in Solok City

Main Article Content

nadya verisca Ernawati Ernawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan upaya pengembangan kompetensi profesional guru geografi SMA di kota Solok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif pendekatan deskriptif. Informan pada penelitian ini yaitu guru Geografi SMA di Kota Solok. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (a) Pangkat atau golongan guru geografi di solok sebagian besar memiliki golongan IVa, jenjang pendidikan terakhir sebagian besar S1, untuk lama mengajar sebagian besar berada pada rentang 26-30 tahun, sebagian besar status kepegawaiannya adalah pns dan untuk tahun sertifikasi sebagian besar pada tahun 2009. (b) Pengembangan kompetensi profesional guru geografi  SMA di Solok secara umum rata-rata keikutsertaan dari berbagai pilihan jenis pengembangan sebesar 43% termasuk kategori sedang. (c) Pengembangan kompetensi profesional guru geografi SMA di Solok secara mandiri atau usaha guru sendiri dengan rata-rata keikutsertaan dari berbagai pilihan jenis pengembangan sebesar 38,5% tergolong dalam kategori rendah. (d) Pengembangan kompetensi profesional guru geografi SMA di Solok melalui usaha institusi dengan rata-rata keikutsertaan dari berbagai pilihan jenis pengembangan sebesar 47,6% tergolong dalam kategori sedang

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>