Aspirai Orang Tua tentang Pendidikan Anak di Jorong Kampuang Pisang Nagari Koto Panjang Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam

Main Article Content

mutiara putri insani Yurni Suasti ratna wilis

Abstract

Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aspirasi orang tua tentang pendidikan anak di Jorong Kampuang Pisang Nagari Koto Panjang Kecamatan IV Koto Kabupaten Agam.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak usia sekolah. Penelitian ini dikumpulkan dalam wawancara mendalam  dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini  menemukan: (1) Cita-cita orang tua terhadap pendidikan anaknya yaitu orang tua ingin anaknya menjadi dokter, guru, abdi negara, wanita karir,  dan lain sebagainya.  (2) Hasrat berkaitan dengan usaha orang tua untuk mewujudkan cita-cita orang tua terhadap anaknya, seperti memasukkan anak ke sekolah formal, orang tua tidak membedakan pendidikan antara anak laki-laki dan anak perempuan,  bagi orang tua sama nilai keduanya, dan berusaha memenuhi kebutuhan anak walau sering terkendala biaya (3) Ketetapan hati berkaitan dengan kepuasan orang tua  terhadap apa yang telah dicapai anaknya, orang tua merasa puas jika cita-cita mereka terhadap anak bisa terwujud.


 


Abstract


                    This study aims to describe  aspirations of parents about children's education in Jorong Kampuang Pisang Nagari Koto Panjang District IV Koto Kabupaten Agam. This type of research is descriptive qualitative. The informants in this study are parents who have school-age children. This research was collected in in-depth interviews and analyzed through data reduction, data presentation, and conclusions. This research found: (1) parents' aspirations for their children's education, namely parents want their children to be doctors, teachers, state servants, career women, and so on. (2) Desire is related to the efforts of parents to realize the ideals of parents towards their children, such as entering children into formal school, parents do not distinguish education between boys and girls, for parents both values, and trying to fulfill needs of children even though often constrained by costs (3) Determination of the relationship with parents' satisfaction with what their children have achieved, parents feel satisfied if their aspirations for children can be realized


 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2 3 4 5 6 7 8 > >>