KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU GEOGRAFI PADA JURUSAN GEOGRAFI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI PADANG

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Vika Purdianingrum Rahmanelli Rahmanelli

Abstrak

ujuan Penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kesiapan mahasiswa menjadi guru geografi pada jurusan geografi program studi pendidikan angkatan 2017 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang.
Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa geografi prodi pendidikan angkatan 2017 yang berjumlah 137 mahasiswa. Pengambilan sampel responden menggunakan rumus Slovin, dengan tingkat kesalahan 5% dari 137 sehingga diperoleh 102 mahasiswa sampel. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan proposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisa data yang digunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian ini menemukan bahwa kesiapan menjadi guru geografi pada mahasiswa jurusan geografi prodi pendidikan angakatan 2017 diperoleh rata-rata sebesar 3,94 dan berada pada kategori sangat siap. Sehingga yang diragukan dan dikhawatirkan oleh peneliti tidak ada, karena dalam penelitian ini membuktikan bahwa mahasiswa jurusan geografi prodi pendidikan angakatan 2017 telah siap menjadi guru geografi

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles